Tips Fotografi Outdoor Pemula Wajib Diketahui

Kemampuan fotografi di luar ruangan berperan tak kalah penting dari fotografi indoor. Terlebih jika sahabatt fotografi juga mempunyai hobi traveling. Kurang afdol rasanya berjalan mengelilingi kota tertentu tanpa mengabadikan tempat-tempat atau momen yang ditemui. Nah dibawah ini merupakan tips fotografi outdoor pemula.

Berikut tips fotografi outdoor pemula

Hindari sinar matahari di siang hari

Tips-Fotografi-Outdoor-Pemula-Wajib-Diketahui--3

Pencahyaan alami memang teman terbaik untuk mengambil foto. Tetapi hindari sinar matahari pada siang hari. Pada saat itulah matahari berada tepat di atas kepala dan menyinarkan cahayanya yang paling terang. Cahaya yang kuat tersebut juga biasanya dibarengi dengan bayangan yang cukup tajam.

Oleh sebab itu tips fotografi outdoor menyarankan agar harus mengambil gambar pada siang hari, lakukan dengan berdiri di atas bayangan. Cara ini akan menciptakan efek dramatis pada hasil foto.

Fokus pada mata ketika memotret

Fotografi outdoor tidak selamanya menawarkan pemandangan atau gambar landscape sebagai objeknya. Pada beberapa kesempatan, mungkin sahabata fotografi diminta untuk memotret kodel di luar ruangan atau sekedar memotret teman.

Apapun momennya selama memotret orang diluar ruangan. Maka fokuslah pada bagian mata mereka, terutama jika sahabata fotografi mengambil foto dalam bentuk potrait. Mata merupakan elemen paling tajam dari wajah seseorang. Ketika fokus, maka lensa akan menerapkan teknik bokeh pada background dengan sendirinya.

Gunakan format RAW

Tips-Fotografi-Outdoor-Pemula-Wajib-Diketahui--2

Tips fotografi outdoor pemula berikutnya adalah gunakan format RAW. Pada dasarnya, file foto dalam format RAW merupakan versi yang belum termodifikasikan sama sekali. Dihasilkan langsung dari sensor foto kamera sahabata fotografi

Foto dalam format RAW mengandung banyak sekali jumlah piksel apabila memberi lebih banyak keleluasaan dalam dalam sahabata fotografi untuk menyusaikan foto dalam proses editing.

ISO serendah mungkin

Jumlah iso pada fotografi berkaitan dengan sensivitas cahaya yang diterima kamera. Semakin besar ISO nya, maka semakin sedikit cahaya yang sahabat fotografi perlukan untuk mengambil gambar. Sayangnya, sensivitas tinggi terhadap cahaya dapat menyebabkan noise pada gambar yang dihasilkan.

Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu mengatur ISO pada leve; serendah mungkin. Bukan berarti tidak boleh menaikan ISO. Namun terkadang ketika dituntut objek yang bergerak, maka harus gunakan shutter speed yang cepat pula. Itulah beberapa tips fotografi outdoor pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *